Tatanen di Bale Atikan
Program gerakan pendidikan karakter yang menumbuhkan kesadaran hidup ekologis dalam merawat dan berguru pada bumi.
Supaya peserta didik memiliki karakter perkembangan dan pertumbuhan sesuai kodrat dirinya, kodrat alamnya, dan kodrat zamannya.
Program ini terintegrasi pada pembelajaran berbasis pancaniti dan pertanian berbasis permakultur.
TdBA memiliki peran penting dan dikembangkan dalam model pembelajaran berbasis Pancaniti di Purwakarta.
Apa itu Model Pembelajaran ?
Merupakan seluruh rangkaian proses belajar mengajar secara langsung atau tidak , sebelum sedang dan sesudah yang meliputi semua aspek
Adapun ciri-cirinya sebagai berikut :
- Memiliki lingkungan belajar
- Teoritik logis dan rasional
- Landasan pemikiran 5W + 1H
- Tindakan atau tingkah laku mengajar agar semua tahapan di atas dapat berhasil.
Apa itu Pancaniti?
Pancaniti berasal dari bahasa Sunda yaitu 'Panca' artinya lima dan 'Niti' adalah undakan atau tangga bisa juga dikatakan tahapan.
Lima tahapan Pancaniti tersebut adalah :
1. Niti Harti : Merupakan proses mendengar, membaca, melihat dan mengamati sehingga menemukan masalah & mengerti tujuan yang di harapkan.
2. Niti Surti : Tahapan pemahaman dari semua yang ditemui dan diaplikasikan ke tahap berikutnya dengan cara memaparkan secara verbal, solusi brainstorming , dan rancangan rencana proyek.
3. Niti Bukti : Bentuk pola tingkah laku keseharian dan penerapannya sebagai based practice dengan cara mengumpulkan dan memilih sumber data, melaksanakan proyek, menyimpulkan dan menuliskan tahapan proyek tersebut.
4. Niti Bakti : Merupakan tahapan pemecahan masalah, pembuktian, mendesign & membuat ulang juga mengevaluasi dengan analisis perbandingan , kesimpulan, umpan balik dan proses perbaikan.
5. Niti Sajati : tahapan terakhir yang berdasarkan proses belajar, pengamatan, pengalaman yang terintegrasi dan menghasilkan ilmu baru yang tidak terbantahkan melalui penilaian diri, persentasi, penyusunan laporan dan publikasi media.
Kelima tahapan atikan kesundaan yang berorientasi pada pencapaian tujuan pendidikan nasional dan setara dengan teori taksonomi bloom dan 4 pilar pendidikan versi UNESCO.
Pertanian berbasis permakultur merupakan sistem pengelolaan lingkungan yang mengutamakan paradigma bekerja dengan alam.
Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Pendidikan Anti Korupsi
Gerakan budaya yang menumbuhkan nilai antikorupsi sejak dini, berdasarkan 9 nilai dasar pendidikan antikorupsi. Diantaranya : Adil, Berani, Kejujuran, hidup sederhana, tanggungjawab, ke
Agama dan Keagamaan Pendalaman Kitab-kitab
Merupakan program pendidikan keagamaan yang dilaksanakan pada jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Program AKPK ini diprakarsai oleh Bapak Dedi Mulyadi ketika beliau meng
Sekolah Ramah Anak
Satuan pendidikan formal, nonformal dan informal yang bersih, aman, sehat peduli berbudaya lingkungan hidup yang menjamin, menghargai, memenuhi dan melindungi hak-hak anak dari diskrimi
Merdeka Belajar
Tentang Kurikulum Merdeka Belajar