• SDS PLUS 2 AL-MUHAJIRIN PURWAKARTA
  • Become The Best Among The Best

Mengenang peristiwa G30S/PKI 30 September 1965

Setelah merdeka pada tanggal 17 Agustus tahun 1945, perlu perjuangan untuk bangsa Indonesia dalam melakukan kedaulatan secara utuh. Negara Indonesia bahkan harus menghadapi berbagai pergolakan setelah memperoleh kemerdekaan.

Salah satunya yaitu adanya peristiwa yang disebut dengan Gerakan 30 September yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia di tahun 1965. Peristiwa tersebut lebih dikenal dengan G30S/PKI.

G30S PKI adalah sebuah gerakan yang memiliki tujuan untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno serta mengubah Indonesia menjadi negara yang menerapkan sistem komunis.

Gerakan tersebut dipimpin langsung oleh DN Aidit yang saat itu adalah ketua dari PKI atau Partai Komunis Indonesia. Pada tanggal 1 Oktober 1965 dini hari, Letkol Untung yang merupakan anggota dari Pasukan Pengawal Istana atau seringkali disebut Cakrabirawa, memimpin pasukan yang dianggap setia atau loyal kepada PKI.

Gerakan tersebut mengincar Perwira Tinggi TNI AD Indonesia. Mereka menangkap enam orang dari anggota perwira tersebut. Namun 3 orang diantaranya langsung dibunuh di rumahnya. Sementara yang lainnya dibawa paksa menuju Lubanh Buaya. Semua jenazah perwira TNI AD ditemukan selang beberapa hari kemudian.

Berikut ini adalah keenam perwira tinggi TNI Angkatan Darat yang menjadi korban meninggal dunia dalam tragedi G30S/PKI.

  1. Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani
  2. Mayor Jendral Raden Soeprapto
  3. Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Haryono
  4. Mayor Jenderal Siswondo Parman
  5. Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjaitan
  6. Brigadir Jenderal Sutoyo Siswomiharjo

Sedangkan Panglima TNI yaitu AH Nasution yang menjadi sasaran utama berhasil kabur dan meloloskan diri. Namun, putri dari AH Nasution yang bernama Ade Irma Nasution meninggal dunia karena tertembak. Ia tewas bersama ajudannya yang bernama Lettu Pierre Andreas Tendean yang diculik dan ditembak di Lubang Buaya.

Keenam jenderal yang sudah disebutkan di atas dan juga Lettu Pierre Tendean kini ditetapkan sebagai Pahlawan Revolusi. Sejak diresmikannya UU Nomor 20 tahun 2009, gelar tersebut sudah diakui sebagai Pahlawan Nasional.

ak hanya itu, beberapa orang lainnya yang menjadi korban dari peristiwa pembunuhan di Jakarta dan Yogyakarta. Berikut adalah daftar nama-namanya:

  1. Brigadir Polisi Ketua Karel Satsuit Tubun
  2. Kolonel Katamso Darmokusumo
  3. Letnan Kolonel Sugiyono Mangunwiyoto

 

Pasca Peristiwa G30s/PKI

Setelah terjadinya tragedi G30S/PKI, Soekarno kemudian memerintahkan Mayor Jenderal Soeharto untuk menghilangkan dan membersihkan semua unsur pemerintahan dari pengaruh Partai Komunis Indonesia. Hal tersebut dilakukan atas desakan warga Indonesia karena menganggap peristiwa tersebut sudah memberikan luka mendalam bagi merek.

Setelah diperintah Soekarno, Soeharto langsung bergerak dengan sigap. Setelah itu, PKI dinyatakan sebagai penggerak dari adanya kudeta dan kemudian pada dalang dibelakangnya diburu dan ditangkap. Termasuk juga DN Aidit yang sempat lari dan kabur ke Jawa Tengah. Namun kemudian Ia berhasil ditangkap.

Selain itu, anggota organisasi lain yang dianggap sebagai simpatisan atau yang berkaitan dengan PKI juga ditangkap. Organisasi tersebut antara lain CGMI, Lekra, Pemuda Rakyat, Gerakan Wanita Indonesia, Barisan Tani Indonesia, dan lainnya. Berbagai macam kelompok masyarakat juga ikut menghancurkan markas PKi yang berada di berbagai daerah. Mereka juga menyerang berbagai lembaga, kantor, toko, dan juga universitas yang dianggap berkaitan dengan PKI.

Di akhir tahun 1965, diperkirakan ada sekitar 500 ribu sampai satu juta angoya serta pendukung PKI yang diduga menjadi korban pembunuhan. Sementara ratusan ribu lainnya diasingkan di dalam kamp konsentrasi.

Sumber: gramedia.com

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pengertian Lambang Pramuka

Pengertian Lambang Pramuka Lambang Gerakan Pramuka adalah tanda pengenal tetap yang mengkiaskan sifat, keadaan, nilai dan norma yang dimiliki oleh setiap anggota Gerakan Pramuka yang d

16/01/2023 17:34 - Oleh Administrator - Dilihat 716 kali
Kunjungan SD Telaga Cendikia Sumedang

Kunjungan SD Telaga Cendekia Sumedang ke SD Plus 2 Al Muhajirin Purwakarta Sabtu, 14 Januari 2023Kunjungan SD Telaga Cendekia Sumedang ke SD Plus 2 Al Muhajirin Purwakarta Sabtu, 14 Jan

14/01/2023 14:18 - Oleh Administrator - Dilihat 443 kali
Pendistribusian Beas kaheman

SD Plus 2 Al-Muhajirin Purwakarta   Alhamdulillah minggu pertama masuk sekolah setelah libur semester 1 hari ini Siswa siswi SD Plus 2 membawa beas kaheman untuk dikumpulkan dise

12/01/2023 16:26 - Oleh Administrator - Dilihat 238 kali
Pemeliharaan Tanaman Sekolah

Pada Hari ini, rabu, 11 Januari 2023 TIM  Pengembang Sekolah khususnya Koordinator Lingkungan Hidup (LH) melakukan pemberian pupuk dan perawata tanaman yang ada disekolah.harapan k

11/01/2023 16:25 - Oleh Administrator - Dilihat 352 kali
RAPAT GURU, STAFF DAN KARYAWAN SD PLUS 2 AL-MUHAJIRIN

Rapat Guru, Staf dan Karyawan SD Plus 2 Al-Muhajirin Purwakarta Selasa, 10 Januari 2023        1. Arahan dan penguatan dari kepala sekolah SD Plus 2 Al-Muhajiri

10/01/2023 16:24 - Oleh Administrator - Dilihat 334 kali
Welcome Back To School

Libur semester pertama pada akhir tahun 2022 bagi santri SD Plus 2 Al-Muhajirin telah selesai.Para santri SD Plus 2 Al-Muhajirin hari ini kembali bersekolah. Hari pertama masuk sekolah

09/01/2023 10:23 - Oleh Administrator - Dilihat 225 kali
Selamat dan sukses untuk ananda Aldan Natahadi Putra dan Alifiandra Muhammad Azka dari kelas 5 Nikosia

Selamat dan sukses untuk ananda Aldan Natahadi Putra dan Alifiandra Muhammad Azka dari kelas 5 Nikosia atas prestasinya sebagai Juara 1 Pencak Silat Kategori Tanding Kejuaraan Bupati Cu

27/12/2022 08:18 - Oleh Administrator - Dilihat 167 kali
Pembagian Rapor Semester 1 SD Plus 2 Al-Muhajirin

Pembagian Rapor Semester 1 SD Plus 2 Al-Muhajirin

24/12/2022 15:12 - Oleh Administrator - Dilihat 162 kali
Pengumuman Juara Pemilihan Siswa Berprestasi

Pengumuman Juara Pemilihan Siswa Berprestasi https://youtube.com/shorts/mJrxSuBHb-w?feature=share

22/12/2022 06:10 - Oleh Administrator - Dilihat 173 kali
Presentasi Lomba Siswa Berprestasi Favorit SD Plus 2 Al Muhajirin

Presentasi Lomba Siswa Berprestasi Favorit SD Plus 2 Al Muhajirin

21/12/2022 15:08 - Oleh Administrator - Dilihat 192 kali