• SDS PLUS 2 AL-MUHAJIRIN PURWAKARTA
  • Become The Best Among The Best

E-Learning

Apa Itu E learning? Yuk, Cari Tahu Selangkapnya

Assalamualaikum! Di tengah pandemik COVID-19 seperti sekarang ini, ternyata semangat belajar dan daya ingin tahu kamu enggak berkurang. Buktinya, sekarang kamu mampir ke laman ini untuk cari tahu tentang e-learning, kan?

Nah, berhubung Pemerintah menganjurkan untuk stay di rumah aja, tak heran kalau apa-apa jadi serba online, termasuk media pembelajaran. Untuk itu, supaya wawasan kamu bisa lebih luas lagi, Kita akan membahas tentang apa itu e-learning, mengapa e-learning dibutuhkan dalam pembelajaran, serta cara menggunakannya, Yuk, langsung saja disimak!

Daftar Isi
Apa Itu E-Learning?
Mengapa E-Learning Dibutuhkan dalam Pembelajaran?
1. Efisiensi Biaya
2. Bisa Atur Waktu Sendiri
3. Bisa Networking
4. Tidak Ketinggalan Perkembangan Zaman
Cara Menggunakan E-Learning

Apa Itu E-Learning?

E-learning merupakan gabungan dari 2 kata, yakni electronic dan learning. Secara harfiah, e-learning adalah pembelajaran secara elektronik atau proses belajar mengajar yang dilakukan secara online. Dalam praktiknya, e-learning memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana belajarnya. 

Sama seperti prinsip online pada media lainnya, proses belajar mengajar dalam e-learning jadi bisa dilakukan oleh siapapun, dimana pun, dan kapanpun. Jadi, meskipun kamu dan pengajar tinggalnya berjauh-jauhan, enggak akan jadi masalah,Bahkan beda negara pun tak jadi rintangan karena belajar dilakukan secara online.

Umumnya, e-learning dilakukan melalui media perantara internet berbasis web. Jadi, semua materi, kuis, dan bahan ajar bisa kamu akses melalui sebuah situs web. 

Mengapa E-Learning Dibutuhkan dalam Pembelajaran?

sebenarnya terlepas dari ada atau tidaknya pandemik COVID-19, e-learning memang sudah seharusnya diterapkan, lho. Mengapa? Supaya proses belajar mengajar tidak ketinggalan tren alias kudet. 

Selain untuk mengikuti perkembangan zaman dan teknolgi, e-learning dibutuhkan dalam pembelajaran karena punya banyak sekali manfaat menguntungkan. Apa saja?

1. Efisiensi Biaya

Bayangkan, dengan proses belajar e-learning, kamu dan pengajar jadi enggak perlu keluar rumah. Kamu bisa buka gadget di rumah atau di manapun kamu berada, sehingga bisa menghemat biaya transport, uang makan, atau uang jajan lainnya. Selain itu, kamu pun enggak perlu membeli buku cetak karena bahan ajar sudah bisa diunduh di gadget. 

2. Bisa Atur Waktu Sendiri

Pada dasarnya, belajar secara online tidak membutuhkan keharusan untuk on time layaknya kelas biasa. Kamu bisa mengatur waktu sendiri kapan saat yang tepat untuk mengakses situs web e-learning dan mempelajari hal-hal di dalamnya. 

3. Bisa Networking

Eits, kata siapa kalau kelas online atau situs web e-learning enggak bisa bikin kamu gaul? Ternyata, dengan belajar online pun kamu  masih bisa networking, lho, malah jaringan pertemanannya bisa lebih luas lagi. Lewat situs web, semua orang dari manapun bisa kamu temui. Bahkan kadang-kadang, ada pula komunitas e-learning sendiri yang bisa kamu ikuti untuk saling bertukar informasi.

4. Tidak Ketinggalan Perkembangan Zaman

Terakhir, kenapa e-learning dibutuhkan dalam pembelajaran ialah supaya proses belajar mengajar jadi enggak kudet alias kurang update. Hampir semua sektor sudah memiliki situs online guna mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan manusia. Maka, tak ada salahnya kalau proses belajar pun ikut menjadi berbasis online supaya bisa menjangkau lebih banyak siswa.

Cara Menggunakan E-Learning

Sebetulnya cara menggunakan e-learning berbeda-beda, tergantung dari situs webnya sendiri. Hanya saja, secara umum biasanya langkah-langkah ini yang harus kamu ikuti:

  • Buka situs web e-learning-nya.
  • Daftarkan diri dengan mengisi alamat e-mail dan password.
  • Mengisi data diri seperti nama lengkap, alamat rumah, alamat sekolah, dan lain-lain.
  • Mendapatkan e-mail balasan dari situs web e-learning terkait berhasil atau tidaknya pendaftaran kamu. Jika berhasil, kamu akan diminta untuk verifikasi e-mail.
  • Apabila situs web e-learning itu berbayar, kamu akan diminta mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu.
  • Setelah pembayaran atau pendaftaran berhasil, kamu bisa mengakses situs web e-learning tersebut kapan pun dan di mana pun.

So, gimana? Ternyata e-learning itu memang dibutuhkan dan sebenarnya sudah cukup lama juga diterapkan, ya. Apalagi di tengah pandemik COVID-19 ini, media online tentu jadi satu-satunya sarana yang bisa tetap membuat kamu update dengan berbagai hal. 

Cukup sampai sini dulu, ya, pembahasan Quipper Blog mengenai e-learning. Mudah-mudahan cukup mencerahkan.

 

E-Lerning SDS Plus 2 Al-Muhajirin Purwakarta

https://classroom.google.com

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Tatanen di Bale Atikan

Program gerakan pendidikan karakter yang menumbuhkan kesadaran hidup ekologis dalam merawat dan berguru pada bumi. Supaya peserta didik memiliki karakter perkembangan dan pertumbuhan se

17/03/2022 11:33 - Oleh Administrator - Dilihat 2453 kali
Pendidikan Anti Korupsi

Gerakan budaya yang menumbuhkan nilai antikorupsi sejak dini, berdasarkan 9 nilai dasar pendidikan antikorupsi. Diantaranya : Adil, Berani, Kejujuran, hidup sederhana, tanggungjawab, ke

17/03/2022 11:32 - Oleh Administrator - Dilihat 543 kali
Agama dan Keagamaan Pendalaman Kitab-kitab

Merupakan program pendidikan keagamaan yang dilaksanakan pada jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Program AKPK ini diprakarsai oleh Bapak Dedi Mulyadi ketika beliau meng

17/03/2022 11:31 - Oleh Administrator - Dilihat 449 kali
Sekolah Ramah Anak

Satuan pendidikan formal, nonformal dan informal yang bersih, aman, sehat peduli berbudaya lingkungan hidup yang menjamin, menghargai, memenuhi dan melindungi hak-hak anak dari diskrimi

17/03/2022 11:29 - Oleh Administrator - Dilihat 352 kali
Merdeka Belajar

Tentang Kurikulum Merdeka Belajar

17/03/2022 09:53 - Oleh Administrator - Dilihat 379 kali